MATERI

PEMBELAJARAN KLS IX

A.  GEOMETRI DAN PENGUKURAN

Standar Kompetensi      :  1.  Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK / PEMBELAJARAN

INDIKATOR

1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun yang sama dan sebangun                (kongruen) Syarat dua bangun yang sama dan sebangun
(kongruen)
Menentukan syarat dan unsur yang sama dari dua bangun yang sebangun atau kongruen.
Foto dan model berskala. Menentukan unsur yang ber-sesuaian sebanding antara ukuran pada model dan ukuran sebenarnya.

Menghitung ukuran salah sa-tu unsur, jika unsur lain yang sebenarnya diketahui.

Syarat dua bangun yang sebangun . Menentukan syarat dua bangun datar yang sebangun dan mem-buktikan dua bangun datar yang sebangun.
Panjang sisi pada dua bangun yang sama dan sebangun ( kongruen ).
Panjang sisi pada dua bangun yang sebangun.
Menghitung panjang sisi-sisi pada segitiga-segitiga yang sama dan sebangun.

Menghitung panjang sisi-sisi pada segitiga-segitiga yang sebangun.

1.2     Mengidentifikasi sifat-sifat dua segi-tiga sebangun dan kongruen. Syarat dua segitiga sama dan sebangun (kongruen) Menyebutkan syarat-syarat dua segitiga sama dan sebangun
Sifat-sifat segitiga sama dan sebangun (kongruen) Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sama dan sebangun

Membuktikan dua segitiga sama dan sebangun.

Panjang sisi dan besar sudut pada segitiga yang sama dan sebangun. Menghitung panjang sisi dan besar sudut pada dua segitiga sama dan sebangun.
Syarat-syarat dua segitiga sebangun. Menyebutkan syarat-syarat dua segitiga sebangun.

Membuktikan dua segitiga sebangun

Menghitung panjang segi-tiga yang sebangun. Menghitung panjang sisi dan besar sudut pada dua segitiga sebangun.
Membedakan segitiga se-bangun dengan segitiga sama dan sebangun.

Segitiga sebangun pada segitiga siku-siku dengan garis tinggi ke sisi miring.

Membedakan segitiga seba-ngun dengan segitiga sama dan sebangun.

Menentukan perbandingan pada segitiga siku-siku de-ngan garis tinggi ke sisi miring.

Menghitung panjang sisi, ga-ris tinggi dan bagian-bagian sisi miring

Segitiga sebangun pada segitiga dengan garis-garis sejajar salah satu sisi. Menentukan perbandingan pada segitiga dengan garis sejajar salah satu sisinya.

Menghitung panjang sisi, bagian-bagian sisi dan garis sejajar segitiga.

1.3

Menggunakan kon-sep kesebangunan segitiga dalam pe-mecahan masalah.

Penerapan kesebangunan pada soal cerita Menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan dengan kese-bangunan.

B.  BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

Standar kompetensi      :  2.  Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya.

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK / PEMBELAJARAN

INDIKATOR

2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola. Unsur-unsur pada tabung dan kerucut.

Unsur-unsur pada ta-bung

Unsur-unsur pada ke-rucut.

Jaring-jaring tabung dan kerucut.

Jaring-jaring tabung

Jaring-jaring kerucut

Menyebutkan  unsur-unsur ta-bung, kerucut, dan bola.

Menyebutkan rumus panjang dan lebar jaring-jaring selimut tabung.

Menyebutkan rumus pada ke-rucut

Menghitung panjang dan lebar jaring-jaring selimut tabung, dan garis tinggi, panjang garis pelukis kerucut        s² = t² + r²

2.2 Menghitung luas selimut dan volume  tabung, kerucut, dan bola. Luas permukaan tabung Menyebutkan rumus luas selimut dan luas permukaan tabung.
Menghitung luas selimut dan luas permukaan  tabung.
Menghitung unsur-unsur tabung jika diketahui luasnya selimut dan luas permukaan tabung.
Luas permukaan kerucut Menyebutkan rumus luas selimut dan luas permukaan kerucut.
Menghitung luas selimut dan luas permukaan  kerucut.
Menghitung unsur-unsur ta-bung jika diketahui luasnya selimut dan luas permukaan kerucut.
Luas permukaan bola Menyebutkan rumus luas permukaan bola
Menghitung luas permukaan  bola.
Menghitung jari-jari bola , jika diketahui luasnya.
Volume tabung Menyebutkan rumus volume tabung.
Menghitung volume tabung.
Menghitung unsur-unsur ta-bung jika diketahui volume-nya.
Volume kerucut Menyebutkan rumus volume kerucut.
Menghitung volume kerucut.
Menghitung unsur-unsur keru-cut jika diketahui volumenya.
Volume Bola Menyebutkan rumus volume bola.
Menghitung volume bola.
Menghitung unsur-unsur bola jika diketahui volumenya.
Perubahan Volume

Perbandingan Volume

Besar perubahan Volume.

Menentukan perubahan luas   dan volume  tabung, kerucut, dan bola, jika salah satu unsur berubah.
2.3  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola. Penerapan bangun ruang sisi lengkung Menyelesaikan soal-soal peme-cahan masalah yang berkaitan dengan luas dan volume dari tabung, kerucut, dan bola.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: